Aransemen sendiri adalah kata yang mengadopsi dari Bahasa belanda yaitu arrangement yang mempunyai arti yaitu penyesuaian komposisi music dengan warna dari suara penyanyi namun tidak mengubah esensi dari music yang sudah ada. Orang yang aransement music ini bukanlah orang yang sembarangan. Pengaransemen harus paham betul tentang music dan juga mempunyai pengetahuan yang dalam tentang harmoni.

Dalam mengaransement sebuah lagu tentu ada teknik yang mana butuh waktu untuk mempelajarinya. Pelajari unsur-unsur utama dalam pembentukan music dan sangat penting untuk mempunyai pengetahuan luas tentang nada dan juga alat music. Melalui artikel ini penulis akan menjelaskan berbagai hal tentang teknik dalam mengaransemen music dan juga langkah-langkah dalam membuat aransemen yang bagus.

Beberapa Teknik Dalam Membuat Aransement Music

Mengenal Teknik Dan Juga Langkah Dalam Membuat Aransement Music

Berbicara tentang aransement music Anda perlu tahu bahwa aransement sendiri mempunyai 3 jenis yaitu aransemen vocal, aransemen instrument dan juga aransement campuran. Adapun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut ini:

  • Unsur pertama: aransemen vokal

Menyanyikan sebuah lagu tidak asal-asalan, semuanya ada aturan sehingga menghasilkan lagu yang enak didengar. Terutama bagi para penyanyi yang bernyanyi dalam bentuk grup atau bukan penyanyi solo khususnya untuk paduan suara harus paham betul tentang aransement vokal.

Pada aransemen vokal dikenal dengan istilah dua suara, tiga suara dan juga empat suara. Diantara pembagian suara tersebut yang paling mudah adalah mengaransemen vokal dalam dua suara. Bagi penngaransemen pemula sebaiknya mempelajari bagian ini lebih dalam terlebih dahulu sebelum mempelajari lebih lanjut tentang aransemen vokal tiga dan juga empat suara.

Dimana untuk membuat aransemen vocal tiga dan juga empat suara membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam lagi mengingat banyak sekali persyaratan yang harus diperhatikan. Selain itu ketika membuat aransemen vokal maka perlu latihan secara berulang-ulang jika ingin menghasilkan sebuah aransemen vokal yang memuaskan.

  • Unser kedua: aransemen instrumen

Dalam mengaransemen dikenal juga istilah aransemen instrumen, apa itu aransemen instrumen? Berbicara soal instrumet pasti berhubungan dengan alat music. Para pengaransement innstrumen harus paham bettul tentang harmoni dan juga akord. Dimana keduanya adalah panduan yang harus selalu dijadikan patokan dalam mengaranseemnt instrument.

Ketika mengaransemen instrumen lebih baik jika melibatkan banyak jenis alat music dimana hal tersebut akhirnya dapat menghasilkan banyak variasi sehingga hasilnya lebih kompleks dan berwarna. Selain itu Anda harus memahami tugas-tugas atau kapan alat music satu dengan lainnya berbunyi, dimana semua alat music tidak mungkin dimainkan secara bersamaan sehingga waktu kapan sebuah alat music dimainkan harus juga menjadi pertimbangan utama.

  • Unsur ketiga: Aransemen campuran

Setelah mempelajari aransemen vocal dan aransemen instrumen maka tiba saatnya untuk mempelajari aransemen campuran yang mana adalah gabungan keduanya. Pada aransemen campuran vokal dan juga music mempunyai peran yang tidak dapat dipisahkan. Meskipun yang paling menonjol adalah vocal namun tanpa pengiring alat music tentu tidak dapat menghasilkan karya atau pertunjukan yang spektakuler. Dimana bagian terpenting yang juga tidak boleh dilupakan untuk menghasilkan pertunjukan yang luar biasa yaitu seorang pemimpin yang bertugas untuk mengendalikan aransemen selama pertunjukan. Dirigen begitulah seorang pengatur keseimbangan aransement disebut.

Adapun teknik dalam mengaransemen lagu menjadi sebuah pertunjukan yang menakjubkan diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Ritem merupakan panjang pendeknya bunyi atau nada. Dimana seorang pengaransemen harus paham tentang ritme dan juga tidak lupa untuk terus mempelajari tentang pola ritme.
  • Melodi atau serangkaian nada yang disusun secara teratur ini juga tidak boleh luput dari perhatian para pengaransemen.
  • Terakhir yaitu harmoni atau perpaduan antara ritme dan juga melodi yang mana akan menghasilkan sebuah karya seni yang akhirnya dapat dinikmati oleh telinga masyarakat.

Langkah-langkah Dalam Mengaransemen Lagu

aransement music

Aransement music biasanya selalu berkaitan dengan lagu dimana itu masuk pada unsur aransemen campuran yaitu perpaduan antara vocal dan juga instrument. Dalam mengaransemen sebuah lagu ada beberapa yang harus diperhatikan yaitu keseimbangan, dan juga keragaman. Adapun langkah-langkah untuk mengaransemen sebuah lagu diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Memilih lagu yang akan diaransemen

Tahap awal yang harus dilakukan untuk mengaransemen sebuah lagu pastinya memilih lagu yang tepat. Dimana para pemula sebaiknya memilih dan menentukan lagu yang mudah. Lebih baik memilih lagu yang mudah dan menghasilkan karya yang bagus daripada memilih lagu yang sudah namun karya yang dihasilkan tidak maksimal.

  • Analisis syair dari lagu yang telah dipilih dan tentukan bentuk aransemennya.

Dimana bagian ini harus dilakukan dengan serius dan juga fokus. Pada bagian ini sangat dibutuhkan ketelitian mengingat ini adalah bagian pokok dalam mengaransemen sebuah lagu.

  • Menentukan progresi akor dan juga irama, tempo, tangga nada beserta dinamika yang tepat.

Dimana ini adalah langkah yang penting dan harus dilakukan dengan serius sebelum membuat sketsa dan menyusun aransemen dan akhirnya diperdengarkan.